Mesin PABX Panasonic

Pasang mesin PABX Panasonic

CARA PASANG MESIN PABX PANASONIC



Tahap awal dalam melakukan pemasangan PABX Panasonic adalah pemilihan toko yang menjual mesin pabx panasonic yang memberikan kualitas produk dan garansi yang resmi ITCOMM , Ada dua pilihan untuk kita melakukan pemasangan mesin pabx panasonic, pertama kita serahkan kepada distributor atau toko pabx panasonic,biasanya setiap toko mempunyai teknisi pabx panasonic sendiri untuk melakukan pemasangan pabx dan kita "tau beres", kedua kita membeli sendiri perlengkapan 1 set mesin PABX Panasonic dan kita melakukan pemasangan sendiri.

dari pilihan di atas, ada kerugian dan keuntungan, kalau kita serahkan semua kepada distributor atau toko, jelas kita tidak usah melakukan pemasangan pabx secara sendiri dan cenderung hasilnya optimal karena pemasangan dilakukan oleh teknisi ahlinya atau menggunakan jasa dari teknisi pabx toko, pada pilihan kedua kita bisa menghemat biaya jasa pemasangan, minimal tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa pemasangan teknisi pabx panasonic dari sales and service,lagi pula keuntungannya dengan kita belajar melakukan pemasangan pabx panasonic secara sendiri,kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru untuk melakukan pemasangan,setting telepon dan program telepon pabx panasonic.

Pada tulisan ini kita mencoba untuk penggunakan opsi kedua, yaitu kita melakukan pemasangan pabx Panasonic secara sendiri :), tanpa bergantung kepada jasa pemasangan teknisi toko ,alasannya karena akan menambah beban biaya jasa untuk membayar Jasa pemasangan teknisi pabx panasonic dari toko.

mudah-mudahan dengan ilmu baru bisa menjadi sumber penghasilan baru, bahkan mampu menjadi sales dan service pabx panasonic,, AMIIIIIN.

Berikut ini saya akan menuliskan tutorial dalam melakukan pemasangan PABX Panasonic secara mudah, untuk langkah yang pertama ,perhatikan terlebih dahulu gambar dibawah ini.



pasang mesin pabx panasonic, teknisi mesin pabx panasonic, cara memasang mesin pabx panasonic


Semoga dengan melihat topologi gambar diatas,kawan-kawan sudah mulai paham. Kunci awal dalam melakukan pemasangan PABX sampai telepon aktif adalah yang harus kita perhatikan pertama kali adalah warna kabel, didalam kabel berisi banyak warna biru,orange,hijau,coklat,abu2 , akan tetapi untuk gambar diatas saya menggunakan warna Hijau , Biru , Merah , Hitam hanya sebagai acuan dalam membahas tutorial ini saja ,pemasangan PABX sampai telepon aktif, jika sudah paham dan mengerti dasar teorinya mau pakai kabel warna apapun kawan-kawan pasti bisa memahaminya. mari kita mulai :

  1. HIJAU    :  DIGITAL
  2. BIRU      :  ANALOG
  3. MERAH :  ANALOG
  4. HITAM   : DIGITAL
  • Point A (PABX) menuju ke point B (LSA KRONE) menggunakan koneksi kabel ,mengantarkan arus Analog dan Digital hingga sampai ke Point B (LSA KRONE). Di port Extention PABX yang bertuliskan Jack 01 ,masukan kabel yang sudah terpasang pin RG11 kedalam Port Extention PABX Jack 01 menggunankan panduan warna 1,2,3,4 , akan tetapi ketika kawan-kawan sudah berada di Point B (LSA KRONE) , kawan-kawan bisa menggunakan LSA no.1 untuk Analog dan LSA no.2 Untuk Digital, agar memudahkan kawan-kawan dalam melakukan maintenance dan pengecekan ketika ada masalah.
  • Lalu dari Point B (LSA KRONE) menuju Point C telepon Menggunakan kabel, mengantarkan Analog dan Digital sampai ke Point C telepon. lalu ketika tiba pada Point C telepon kawan-kawan lakukan pemasangan RG11 dengan menggunakan panduan warna 1,2,3,4 karena antara Port/Jack PABX dan Port Telepon menggunakan urutan yang sama.
  • Lalu Point D (PSTN) menuju ke Point A (PABX) masuk ke dalam port line ,sebagai input agar PABX bisa tersambung koneksi dengan External ( Interlokal , Lokal , HP ) .

Jika kawan-kawan semua penasaran untuk mempraktekan tutorial Pemasangan PABX Panasonic diatas , silahkan mencoba. Akan tetapi kawan-kawan juga harus mempersiapkan alat-alat serta kebutuhan  pendukung untuk melakukan Pemasangan PABX , seperti : 

  1. Tool Krone : untuk memasukan/menancapkan kabel ke dalam LSA Krone
  2. Tank Crimping : untuk menjepit kabel telepon kedalam rg11
  3. LSA Krone : sebagai terminal untuk mengkoneksikan kabel telepon dari PABX ke Extention 
  4. RG11 : Pin yang digunakan untuk masuk ke Port extention PABX dan port telepon
  5. Kabel Ampenol : kabel telepon yang berisi banyak pair ,akan tetapi tergantung seberapa pair yang akan kita pakai ,semisal ada yang 10 pair ,20 pair dan seterusnya, tergantung kebutuhan kapasitas PABX dan kapasitas telepon.
  6. Serta Tank Potong untuk menggunting kabel telepon, akan tetapi kalau agan mempunyai gigi yang tajam juga ga ada masalah kalo kabelnya digigit aja biar cepet putus..hehehe...
  7. Test Phone adalah telepon portable untuk mengecek tone extention

Dan yang pastinya kita harus sudah membeli seperangkat PABX Panasonic.
Kita hanya perlu merogoh kocek Rp,3.300.000 untuk mendapatkan PABX Panasonic HT Series baru Kapasitas 3 line - 8 Extention yang dilengkapi dengan unit pesawat Telepone Digital type KX-T7730.





Setelah kawan-kawan sudah memahami langkah-langkah pemasangan PABX Panasonic type HT series Basic 3 line 8 Extention , kawan-kawan bisa melanjutkan tutorial selanjutnya CARA DAN KODE PROGRAM PABX PANASONIC HT SERIES.


Semoga Tutorial pasang mesin pabx panasonic diatas dapat bermanfaat dan jika kurang mengerti boleh menghubungi nomor yang tertera di web ini Teknisi pabx pro. Terima kasih.


Teknisi PABX

Teknisi PABX
Jasa teknisi PABX siap melayani pasang dan service PABX bergaransi